Post Page Advertisement [Top]

4 Tahun Menjabat, Menkominfo Paparkan Progres Palapa Ring – Tekno

4 Tahun Menjabat, Menkominfo Paparkan Progres Palapa Ring – Tekno


Figur Nasional – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan progres perkembangan proyek Palapa Ring yang sudah dibangun sejak 2016 itu.

Untuk diketahui, Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan jaringan serat optik yang menghubungkan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. Palapa Ring sendiri dibagi dalam tiga paket pembangunan.

Menurut Rudiantara, Palapa Ring akan selesai dalam tahun depan. Sebab, pembangunan saat ini sedang dikebut.

“Paket barat sudah beroperasi. Sementara paket tengah akan melakukan integrasi dan tes. Sementara paket timur diharapkan akhir tahun selesai. Jadi tahun depan Palapa Ring sudah selesai semua,” katanya dalam acara “Capaian Kinerja 4 Tahun Kemkominfo” di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Palapa Ring paket barat memiliki panjang 2.275 km, paket tengah sepanjang 2.995 km, sedangkan paket timur memiliki panjang 6.878 km.

Dengan Palapa Ring, lanjut Rudiantara, 90 kota dan kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan internet cepat.

Selain Palapa Ring, Kemkominfo juga tengah menyiapkan proyek satelit dengan teknologi high throughput satellites (HTS). Proyek tersebut saat ini sedang dalam proses lelang.

“Saat ini kita siapkan satelit yang akan menjangkau seluruh daerah yang secara geografis tidak bisa dijangkau kabel,” ujarnya memaparkan progres perkembangan proyek Palapa Ring.


Artikel yang berjudul “4 Tahun Menjabat, Menkominfo Paparkan Progres Palapa Ring – Tekno” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]