Post Page Advertisement [Top]

Black Box Ditemukan, Begini Kisah Pencarian Sertu Hendra dan Tim

Black Box Ditemukan, Begini Kisah Pencarian Sertu Hendra dan Tim

Kotak hitam atau Black Box pesawat Lion Air akhirnya ditemukan setelah pencarian selama empat hari. Adalah penyelam dari TNI AL, Sertu Marinir Hendra Syahputra serta timnya yang akhirnya menemukan barang paling dicari itu. Kotak itu ditemukan bukan di dalam badan pesawat.

Sertu Hendra dan tim menghadapi arus deras bawah laut. Menghadapi medan yang berat ini, awalnya personel TNI dari Kesatuan Taifib Korps berputus asa. Akan tetapi, dengan tekad yang kuat, Sertu Hendra dan tim tetap melawan segala rintangan.

Sertu Hendra dan tim kemudian menyelam ke dasar laut berbekal alat yang dapat menangkap sinyal black box hingga kedalaman 35 meter.

“Begitu kami turun arusnya kencang. Kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat kami,” terang Sertu Hendra menceritakan pengalaman menyelamnya mencari kotak hitam Lion Air, di Karawang, Kamis (1/11).

Sertu Hendra mengaku sempat ragu karena hanya melihat sedikit serpihan pesawat Lion Air di lokasi pencarian. Akan tetapi, sinyal alat penangkap black box menuntun tim untuk menjelajahi endapan lumpur yang menutupi sebagian Black Box di dasar laut.

Pada kedalaman 35 meter, Sertu Hendra dan tim akhirnya menemukan kotak hitam Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610. Kotak hitam tepatnya ditemukan pada koordinat S 05 48 48.051 – E 107 07 37.622 dan koordinat S 05 48 46.545 – E 107 07 38.

Sertu Hendra sendiri mengaku sempat putus asa sebab arus begitu kencang. Akan tetapi, tekad yang kuat serta hati yang ikhlas membawa Sertu Hendra dan tim terus mencari kotak hitam. Mereka terus mengikuti alat penangkap sinyal Black Box.

“Kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi sensitif kami gali lumpur tersebut dan mendapatkan black box,” ungkap Sertu Hendra.

Black Box pun diangkat ke permukaan laut dan akan diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

featured,nasional

lion-air-jt-610,lion-airjatuh,pesawat-lion-air

lion-air-jt-610,lion-airjatuh,pesawat-lion-air


Artikel yang berjudul “Black Box Ditemukan, Begini Kisah Pencarian Sertu Hendra dan Tim” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]