Post Page Advertisement [Top]

Kekurangan Mineral Ini Diduga Tingkatkan Risiko Autisme pada Anak – Health

Kekurangan Mineral Ini Diduga Tingkatkan Risiko Autisme pada Anak – Health

Figur Nasional – Penyebab pasti autisme memang belum diketahui hingga saat ini, tapi para peneliti berpendapat bahwa hal ini ada kaitannya dengan faktor genetik dan lingkungan termasuk kekurangan mineral zinc. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari Stanford University School of Medicine.

Melalui penelitian ini, para peneliti menunjukkan bagaimana zinc berperan dalam membentuk koneksi antara sel-sel otak yang terbentuk melalui mesin molekuler kompleks yang dikendalikan oleh gen terkait dengan autisme.

“Autisme dikaitkan dengan varian gen tertentu yang terlibat dalam pembentukan, pematangan, dan keseimbangan sinapsis selama perkembangan awal,” ujar Sally Kim, peneliti utama dari Stanford University School of Medicine.

Kim menambahkan, ketika sinyal otak ditransfer melalui sinapsis, zinc memasuki sel saraf otak lalu mengikat dua protein yakni SHANK2 dan SHANK3. Kedua protein ini menyebabkan perubahan dalam komposisi dan fungsi reseptor sinyal yang berdekatan. Ketika asupan zinc kurang terpenuhi, maka sel saraf otak tidak bisa terhubung satu sama lain sehingga memicu autisme.

“Dengan memahami pentingnya interaksi antara zinc dan protein SHANK dapat membuat kita menemukan strategi untuk diagnostik, pengobatan, dan pencegahan autisme,” kata John Huguenard dari Stanford University School of Medicine.

Meski menemukan pentingnya peran zinc dalam menghubungan antar sel saraf otak, Kim tidak mau mengambil kesimpulan dengan merekomendasikan anak-anak mengonsumsi suplemen zinc tambahan.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi zinc juga dapat menyebabkan anemia dan membuat tulang mudah keropos. Selain itu, kekurangan zinc juga tidak selalu berasal dari pola diet tapi juga dapat disebabkan karena adanya masalah dalam penyerapan di usus.

“Namun demikian, temuan kami menawarkan mekanisme baru untuk memahami bagaimana kekurangan zinc bisa berkontribusi terhadap autisme,” kata Garner.


Artikel yang berjudul “Kekurangan Mineral Ini Diduga Tingkatkan Risiko Autisme pada Anak – Health” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]