Post Page Advertisement [Top]

Gunung Ibu Kembali Meletus, Status Waspada – Figur Nasional

Gunung Ibu Kembali Meletus, Status Waspada – Figur Nasional
Gunung Ibu di Maluku, meletus

Gunung Ibu di Maluku, meletus

Figur Nasional – Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) melaporkan Gunung Ibu yang berada di Halmahera Barat, Maluku Utara, meletus pada pukul 17.12 WIT, Sabtu, 12 Januari 2019. Letusan dilaporkan 800 meter dari puncak kawah.

“Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Ibu PVMBG, tinggi letusan 800 meter dari puncak kawah. Kolom abu vulkanik condong ke arah selatan. Status tetap Waspada (level 2),” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keteranganya.

Sutopo meminta kepada masyarakat dan pendaki tak boleh melakukan aktivitas di dalam radius 2 kilometer. Lalu, jangkauan ini diperluas sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Meski demikian, meletusnya Gunung Ibu ini tak perlu membuat warga sekitar mengungsi. Sebab, Gunung Ibu hampir setiap hari meletus dalam tiga bulan terakhir.

“Masyarakat belum perlu mengungsi karena berada di luar zona berbahaya. Masyarakat telah memahami letusan ini dan tidak panik. Sebab hampir setiap hari terjadi letusan Gunung Ibu,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sejak tiga bulan terakhir Gunung Ibu hampir setiap hari meletus. Bahkan, dua hari lalu atau Kamis, 10 Januari 2018, Gunung Ibu meletus sebanyak 80 kali. Lalu, terjadi guguran 18 kali kejadian dan hembusan 64 kali.

“Namanya gunung api aktif meski status waspada dapat meletus setiap saat. Yang penting masyarakat berada di zona aman,” tuturnya. (ase)


Artikel yang berjudul “Gunung Ibu Kembali Meletus, Status Waspada – Figur Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]