Post Page Advertisement [Top]

Hasil Survei Konsep Indonesia: Jokowi-Ma’ruf 54,8% vs Prabowo-Sandi 34,1%

Hasil Survei Konsep Indonesia: Jokowi-Ma’ruf 54,8% vs Prabowo-Sandi 34,1%

Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) merilis hasil survei elektabilitas antar calon presiden dan wakil presiden. Hasilnya, Capres – Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi – Maruf Amin unggul dari Capres – Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Survei yang pertama dilakukan yakni dengan metode top mind. Artinya sebanyak 1.200 responden yang terlibat diberikan pertanyaan tanpa diberitahu nama capres – cawapresnya.

Hasilnya dari 1.200 responden tersebut sebanyak 55 persen mendukung Jokowi – Maruf Amin dan 33,2 persen mendukung Prabowo – Sandiaga. Sedangkan yang tidak menjawab, tidak tahu, menyatakan rahasia dan belum memutuskan 11,8 persen.

“Ini top mind tidak dibantu dengan alat bantu tidak disebutkan nama langsung mereka menyebutkan sendiri,” kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Kemudian metode survei lainnya ialah para responden diberikan contoh kertas surat suara. Hasilnya, responden yang memilih Jokowi – Maruf Amin sebanyak 54,8 persen sedangkan Prabowo – Sandiaga dipilih oleh 34,1 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab, tidak tahu dan belum memutuskan pilihannya sebanyak 11,1 persen.

“Ada gap atau selisih antara pasangan nomor urut 01 dengan nomor urut 02 sebesar 20,7 persen,” pungkasnya.

Survei itu dilakukan sejak 17 hingga 24 Februari 2019 di 34 provinsi di Indonesia. Adapun masyarakat yang berpartisipasi pada survei tersebut ialah sebanyak 1.200 responden. Margin of error survei di atas kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]