Post Page Advertisement [Top]

Maruf Amin Milad ke-76, #PanjangUmurKyai Cukup Menarik – Figur Nasional

Maruf Amin Milad ke-76, #PanjangUmurKyai Cukup Menarik – Figur Nasional

Figur Nasional – Pada hari ini, Senin 11 Maret 2019, calon wakil presiden nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin merayakan hari jadinya yang ke-76. Meski tak ada perayaan khusus, tokoh publik, keluarga, kerabat, relawan hingga warganet, antusias menyampaikan doa dan ucapan selamat untuk Kiai Ma’ruf. 

Di Twitter, tagar #PanjangUmurKyai menempati trending topic Twitter ketiga pada Senin pagi. Berbagai gambar, meme ucapan selamat pun bertebaran di sosial media. 

Termasuk, meme berisi puisi dari anak lelaki tertuanya, Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin.
“Selamat ulang tahun abahku tercinta Semoga panjang umur berkah maslahat
Sehat manfaat membimbing umat Ridlo Ilahi kan selalu mengirimu,”
begitu isi puisi bertagar #GusOqi yang ramai disebar. 

Saat ultah ke-76 tersebut, Kiai Ma’ruf sedang bersafari politik ke Sumatera Utara. Antusiasme itu, tak hanya terlihat di jagat maya. Ultahnya dirayakan sederhana oleh istrinya Wury Estu Handayani, anak sampai cucu Ma’ruf di Hotel Mega Permata. 

“Saya berharap, hari ini dapat berkah. Ke depannya, akan lebih membawa keberkatan, perlindungan keberuntungan. Tahun yang membawa kebaikan buat saya pribadi, keluarga, dan tentu saja harapannya untuk bangsa dan negara,” kata Kiai Ma’ruf menyampaikan harapannya.

Menurut analisis percakapan media sosial Drone Emprit, ramainya tagar #PanjangUmurKyai cukup menarik. Secara volume data di Twitter, perbincangan seputar tagar tersebut sebanyak 18.353 mention di Twitter. 

Pemantauan Drone Emprit selama 11 Maret 2019, tren perbincangan tagar #PanjangUmurKyai meningkat sekitar pukul 10.00 WIB. 

Topik perbincangan tagar muncul seputar latar belakang kyai NU yang sempat mondok selama enam bulan di Pesantren Citangkil, Cilegon Banten semasa usia sekolah. 

Drone Emprit mencatat, dari sekian banyak mention yang didapat terkait #PanjangUmurKyai, terlihat cukup sedikit pola retweet yang dilakukan oleh warganet. Publik lebih banyak melakukan pola mention ketimbang me-retweet dari salah satu cuitan akun populer.

Peneliti dan analisis Drone Emprit, Rachmat K mengungkapkan, berdasarkan grafik jumlah mention, retweet dan reply dari perbincangan seputar #PanjangUmurKyai, terlihat tingkat interaksinya cukup rendah.

“Hal ini ditandai dari total rata-rata jumlah mention per-jamnya yang sebesar 9,929 mention, tingkat interaksinya hanya sebesar 0,85,” ujarnya kepada Figur Nasional, Senin 11 Maret 2019. 

Sedangkan dari grafik exposure, terlihat tingkat percakapan seputar #PanjangUmurKyai cukup besar berisi dari akun-akun dengan jumlah follower antara 1-3 dan 4-25. Hal ini menandakan banyaknya akun-akun baru yang ikut meramaikan tagar tersebut. 

Peta analisis percakapan tagar #PanjangUmurKyai

Dari total percakapan seputar #PanjangUmurKyai, ditemukan sejumlah tagar lain yang ikut meramaikan perbincangan seputar tagar tersebut. Tagar tersebut, di antaranya yakni #01IndonesiaMaju, #2019JokowiKyaiMaruf, dan #2019KitaTetapBersaudara.

Berdasarkan grafik percakapan media sosial Drone Emprit, dari sekian banyak jumlah mention yang ditemukan, terlihat pola perbincangan seputar tagar #PanjangUmurKyai cukup kecil. 

“Warganet lebih banyak menggunakan pola penyebutan mention, ketimbang harus me-retweet dari beberapa akun populer,” ujar Rachmat. (asp)


Artikel yang berjudul “Maruf Amin Milad ke-76, #PanjangUmurKyai Cukup Menarik – Figur Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]