Post Page Advertisement [Top]

8 Cara Membantu Korban Gempa Bumi dengan Pertolongan Pertama

8 Cara Membantu Korban Gempa Bumi dengan Pertolongan Pertama

Gempa bumi merupakan momok yang menakutkan untuk semua orang, bukan hanya itu saja jika terjadi gempa bumi pastilah semua orang ketakutan dan akan berlari mencari pertolongan kemana pun. Banyak orang juga akan mencari perlindungan entah berlari maupun berlindung ke tempat yang kokoh. Apalagi gempa tersebut mempunyai potensi terjadinya tsunami.

Banyak sekali korban yang luka-luka dan meninggal, seperti gempa yang terjadi di lombok hingga kemarin gempa terjadi di Palu, Sigi dan Donggala. Semua masih menyisakan duka yang mendalam bagi semua warga indonesia, siapapun pasti akan merasa panik dan takut jika banyak terjadi gempa. Hingga banyak sekali relawan, TNI dan tim lainnya mengunjungi lokasi kejadian tersebut.

Cara membantu korban gempa bumi dengan pertolongan pertama:

1. Tetap Waspada dan tenang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah selalu waspada dan tenang, karena dengan hal itu kamu bisa menyelamatkan diri dan keluargamu dari gempa dan tsunami yang menerjang kota atau daerahmu. Bersiap tenang lebih memudahkan kamu berpikir untuk menolong orang yang memerlukan bantuan mu. Jangan panik dan tetap waspada

2. Jika berada di dalam Ruangan

Jika kamu berada di dalam ruangan/ rumah sebaiknya kamu keluar atau melindungi dirimu terhadap benda yang tidak kokoh, dan hindari kaca, karena jika kamu tidak menghindari kaca, kamu akan terkena dan itu bisa merugikan kamu sendiri. Jika kamu berada  dalam ruang kantor atau ruang meeting dan tidak bisa keluar ruangan, kamu wajib berlindung di bawah meja yang kokoh atau berpegangan pada pilar yang besar. Sebisa mungkin kamu melindungi dirimu dari gempa tersebut

3. Di Luar Ruangan

Jika kamu berada di luar ruangan, hal yang wajib kamu lakukan menghindari bangunan atau tiang yang bisa melukai kamu, jangan lupa carilah ruang terbuka agar kamu tidak terkena reruntuhan gedung maupun tiang yang ada di dekat mu.

4. Berjalan Merunduk dan Melindungi Kepala

Sebisa mungkin kamu melindungi kepalamu dengan tangan mu, supaya kamu bisa melindungi kepalamu. Berjalanlah secara merunduk dengan melindungi kepalamu, dan jangan lupa berdoa meminta pertolongan kepada yang Maha Kuasa.

5. Kamu Wajib Mengobati Luka

Jika terjadi luka pada anggota keluarga kamu atau dirimu segera obati, dan mintalah pada tim SAR atau relawan agar kamu bisa segera diobati. Mengobati lukamu agar tidak terkena infeksi atau hal yang tidak di inginkan.

6. Periksa Jika Terdapat Luka

Periksa jika terjadi luka di tubuh kamu atau keluargamu, jika tim belum datang kamu bisa membalut luka mu dengan menggunakan kain di tekan pada luka tersebut, agar darah yang mengalir pada luka mu bisa terhambat sedikit demi sedikit. Kamu harus segera tanggap akan hal itu.

7. Obat-Obatan

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memberi obat kepala korban yang masih bisa selamat dan terdapat luka – luka, tangani korban gempa dengan obat obatan seperti obat merah, anti septik, pembalut luka dan obat- obatan lainnya yang dirasa bis membantu menyelamatkan korban tersebut dari luka yang dideritanya.

8. Mintalah Pada Tim Medis Lainnya

Jika dirasa tim medis kurang dalam menangani para korban, kamu juga harus menelpon TIM SAR untuk membantu alam proses evakuasi, dengan hal itu semua akan ditangani dengan baik.

Nah, itu dia cara membantu korban gempa bumi dari awal gempa bumi hingga pasca gempa bumi, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih

nasional

gempa,gempa-bumi,gempa-donggala,gempa-palu,korban-gempa

gempa,gempa-bumi,gempa-donggala,gempa-palu,korban-gempa


Artikel yang berjudul “8 Cara Membantu Korban Gempa Bumi dengan Pertolongan Pertama” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]