Post Page Advertisement [Top]

Dihantam Banjir-Longsor, Kabupaten Sijunjung Tetapkan Tanggap Darurat – Figur Nasional

Dihantam Banjir-Longsor, Kabupaten Sijunjung Tetapkan Tanggap Darurat – Figur Nasional

Figur Nasional – Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, menetapkan masa tanggap darurat musibah banjir dan longsor selama dua pekan, terhitung sejak tanggal 4 November 2018. Masa tanggap darurat ini ditetapkan berdasarkan pertimbangan banyaknya daerah yang terdampak. 

“Kita mencatat, ada 40 titik longsor yang terjadi sejak Jumat kemarin. Ke-40 titik itu di antaranya terdapat di wilayah Sumpur Kudus, Sisawah, Silokek, Paruh dan Sungai Betung. Longsor itu menimbun badan jalan. Sekarang tinggal lima titik yang masih kita bersihkan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sijunjung, Hardiwan, Senin, 5 November 2018.

Musibah Longsor, kata Hardiwan, juga menelan satu korban jiwa di daerah Tanjung Gadang. Korban atas nama Gilang Tambunan (5) ditemukan oleh tim rescue dalam kondisi meninggal dunia lantaran tertimbun beton rumah. Saat itu korban sedang tidur. Di Tanjung Gadang ini, sebanyak enam unit rumah rusak parah.


Hardiwan menjelaskan, selain longsor dan banjir yang merendam ratusan rumah warga dan 68 hektare sawah, juga ada jalan amblas sepanjang 75 meter di Nagari Kumanis. Bahkan, sama sekali tidak bisa dilalui oleh kendaraan, baik roda empat maupun dua.

“Akibatnya, ribuan warga di sana terisolir secara waktu. Dari 45 menit jarak tempuh, menjadi 2 sampai 3 jam, karena mereka harus memutar lewat jalur Lintau,” ujar Hardiwan.

Hardiwan menyebutkan, selama masa tanggap darurat ini, pihaknya akan melakukan pembersihan sisa material longsor yang masih menutupi badan jalan. Serta berupaya membenahi ruas jalan yang amblas itu.

“Jalur yang amblas itu akan kita benahi. Kami akan buat dan kirim proposal ke BNPB. Jika pun BNPB tidak mengucurkan dana perbaikan, maka kita akan cari alternatif lain. Apalagi mengingat ruas jalan itu merupakan satu-satunya akses bagi warga di sana,” ucapnya. (ase)


Artikel yang berjudul “Dihantam Banjir-Longsor, Kabupaten Sijunjung Tetapkan Tanggap Darurat – Figur Nasional” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]