Post Page Advertisement [Top]

Fakhri Husaini Ungkap Peran Penting PPLP untuk Timnas Indonesia U-19

Fakhri Husaini Ungkap Peran Penting PPLP untuk Timnas Indonesia U-19

Figur Nasional – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, menjelaskan peran penting Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Menurut pelatih asal Aceh tersebut, PPLP banyak berkontribusi dalam memberikan pemain berbakat untuk timnas Indonesia U-19.

Selain dari klub atau menyaring dari daerah, PPLP merupakan sumber pesepak bola muda berbakat. Oleh sebab itu, tidak jarang timnas Indonesia usia muda banyak didapat dari PPLP, termasuk U-19.

Seperti saat ini, untuk timnas Indonesia U-19 yang sedang melakukan pemusatan latihan di Bogor sepanjang 26 September hingga 2 Oktober 2019, Fakhri Husaini memanggil tujuh pemain baru yang sebagian besar berasal dari PPLP.

Ketujuh pemain tersebut diberikan kesempatan oleh Fakhri berjuang menembus skuat utama, bersama dengan 23 pemain lama yang sudah menjadi langganan. Di antaranya, pemain yang berasal dari PPLP adalah Hepyfano (PPLP Maluku Utara), Jarson Armandi (PPLP Papua), Taufik Alif Hidayat (PPLP Sumatera Barat), dan Ikhwan Ali Tanamal (PPLP Bogor).

Sementara itu, dua pemain lainnya berasal dari klub, yaitu Andre Oktaviansyah (Tira-Persikabo) dan Fatur Alamsyah (Badak Lampung FC). Kemudian satu pemain lagi yang juga dipanggil berasal dari Diklat Ragunan, yakni Fadilah Nur Rahman.

“PPLP itu sumber pemain di Indonesia. Mereka di usainya masuk dalam usia yang sudah dipersyaratkan. Hanya saja tim ini, kami ini, sebagian besar kelahiran 2002, artinya (mereka) masih main dengan tim yang setahun lebih muda untuk U-19 ini,” kata Fakhri Husaini saat ditemui di Bogor, Sabtu (28/9/2019).

“Pertimbangan kemarin memang, kami terus berusaha untuk mencari sumber-sumber pemain yang bisa kami panggil untuk menambah kekuatan ini. PPLP itu kan habis melaksanakan Kejurnas Antar PPLP. Dari pantauan kami, ada empat pemain yang layak ikut kami,” ungkapnya.

Sekadar informasi, nantinya dari 30 nama yang ikut pemusatan latihan saat ini, hanya akan ada 23 pemain yang memperkuat tim mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Itu artinya, bakal ada tujuh pemain yang dicoret dari timnas U-19.

Di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Garuda Nusantara –julukan timnas U-19– tergabung di Grup K. Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah di grup ini akan menghadapi Hong Kong, Korea Utara, dan Timor Leste.

Sebelum bertanding di ajang penyisihan tersebut, pasukan Merah Putih terlebih dahulu akan melakukan uji coba dengan China pada 17 Oktober dan 20 Oktober mendatang, masing-masing di Surabaya dan Bali.


Artikel yang berjudul “Fakhri Husaini Ungkap Peran Penting PPLP untuk Timnas Indonesia U-19” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]